Monday, October 2, 2017

Cara Mengatasi Kartu Memori Yang Tidak Terbaca

Baca Juga

Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Kartu Memori Tidak Terbaca
MANK BLOG - Kartu memori merupakan sebuah alat penyimpanan digital yang sangat berguna untuk membantu anda menyimpan data seperti foto, video, dan file-file lainnya. Tapi bagaimana jika kartu memori kita rusak atau tidak dapat terbaca pada perangkat android, terlebih lagi jika kartu memori kita terdapat sebuah file-file penting. Nah disini saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara agar kartu memori kita dapat terbaca kembali.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu anda dalam mengatasi kartu memori yang tidak terbaca :

1. Bersihkan Kartu Memori

  • Mengeluarkan kartu memori pada perangkat android anda
  • Membersihkan lempengan tembaga pada kartu memori (warna kuning keemasaan) dengan penghapus pensil berwarna putih secara halus
  • Jika menurut anda sudah bersih silahkan masukkan kembali ke perangkat android dan lihat apakah sudah terbaca
2. Cek Eror Melalui PC
  • Hubungkan perangkat android dengan PC menggunakan kabel data
  • Kemudian pastikan perangkat android terhubung melalui Mass Storage Mode (MSC) bukan melalui Media Transfer Mode (MTP)
  • Buka Windows Explorer, Klik kanan pada Drive kartu memori, Kemudian pilih Properties > Eror Checking lalu tunggu hingga semua proses selesai.

*Disini saya menggunakan Windows 8.1
3. Format Melalui PC

Jika kartu memori anda terlihat baik saja di perangkat komputer tetapi jika dimasukkan ke android tidak terbaca, mungkin anda dapat menformat kartu memori tapi sebelum anda memformat kartu memori anda lebih baik jika anda mencopy semua file berharga yang ada pada kartu memori ke perangkat komputer.
Untuk proses format cukup mudah cukup dengan klik kanan pada nama kartu memori yang ingin diformat kemudian pilih format.

Mungkin cukup sekian mengenai artikel Cara Mengatasi Kartu Memori Yang Tidak Terbaca. Jika ada penjelasan atau hal-hal yang kurang dimengerti silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah.

No comments:

Post a Comment