Friday, March 22, 2019

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Mendadak

Baca Juga

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Mendadak
Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Mati Mendadak


MANK BLOG - Komputer Anda mati dengan sendirinya setelah beberapa saat dinyalakan atau di beberapa titik sebelum sistem operasi dimuat? Jika benar, Anda mungkin telah menghadapi suatu masalah seperti korsleting listrik atau apapun hingga masalah hardware serius.


Karena dari berbagai sebab, PC atau Laptop yang anda gunakan bisa saja tiba – tiba mati sendiri. Tentu hal tersebut cukup membuat Anda panik, apalagi jika hal tersebut tidak terjadi hanya sekali. Misalnya saja ketika komputer terus menerus kembali mati ketika Anda menghidupkannya lagi. Rasa panik juga akan bertambah jika saat itu anda sedang dikejar deadline tugas atau pekerjaan.

Komputer yang mati secara tiba-tiba dapat mengakibatkan malfungsi pada hardaware ataupun software pada komputer.
Dan untuk kalian yang sering mengalami hal tersebut yaitu komputer Anda sering mati mendadak padahal listik masih menyala mungkin bisa disebabkan oleh beberapa hal tertentu. Berikut adalah beberapa hal penyebab komputer sering mati mendadak dan cara mengatasinya.

1. Kelebihan atau Kekurangan Tegangan Listrik

Komputer kalian mati sendiri adalah karena kelebihan atau kekurangan tegangan listrik. Adapun masalah ini cukup banyak dijumpai, karena terkadang PC membutuhkan daya yang cukup besar. Hal ini karena biasanya power supply pada komputer tidak mendapatkan daya dan tegangan yang diperlukan dan hal ini dapat mengakibatkan komputer mati mendadak tanpa kita inginkan.

Adapun cara untuk mengatasi komputer mati karena masalah ini, kalian bisa menggunakan stabilizer eksternal untuk menyalakan komputer kalian. Stabilizer dapat membantu untuk menstabilkan aliran listrik yang masuk kedalam power supply komputer, sehingga dapat mencegah komputer mati secara mendadak karena kekurangan atau kelebihan tegangan.

2. CPU Terlalu Panas

CPU sendiri biasanya dilengkapi dengan Kipas pendingin untuk menjaga suhu tetap stabil. Jika kipas pendingin mengalami kerusakan atau kinerja kipas pendingin menurun atau CPU dipakai dalam waktu yang lama Akan menghasilkan pesan kesalahan yang disebut "kernel error". 

Hal ini biasa terjadi pada chip yg di overclocked diatas kecepatan standarnya. CPU bermasalah pada beberapa kasus dapat diatasi dengan mendisable CPU internal cache pada bios, meskipun ini Akan membuat kinerja CPU jadi menurun tapi yang jelas komputer menjadi lebih stabil.

3. Kerusakan Pada Hardware

Kerusakan pada hardware juga sering kali menyebabkan komputer kalian menjadi sering mati sendiri, namun untuk masalah ini kadang sulit untuk dideteksi. Biasanya masalah RAM komputer merupakan hal yang menyebabkan komputer kalian sering mati sendiri. Kerusakan hadware ini bisa terjadi karena tidak cocok atau tidak kompatibel, atau mungkin karena proses penginstalan hardware yang salah sebelumnya dan menyebaban hardware jadi malfungsi.

Untuk mengatasi ini kalian harus menggunakan hardware yang kompatibel dan sesuai dengan spesifikasi Dari komputer yang kalian miliki. Jangan memaksakan untuk menginstal aplikasi rule tidak kompatibel. Jika mungkin, kalian bisa selalu cek pemasangan socket hardware supaya tidak terjadi error saat komputer kalian digunakan.

4. Kerusakan Pada Sistem Operasi

Selain karena kerusakan pada hardware, kerusakan pada software system juga bisa menyebabkan komputer mati secara mendadak. Hal ini terjadi karena mungkin software system yang ada, terutama sistem operasi yang corrupt. Corrupt ini bisa terjadi karena berbagai macam hal, contohnya adalah karena proses install software system aplikasi yang tiadak benar atau mungkin tidak kompatibel dengan komputer milik kalian. kalian dapat mencegah masalah ini dengan cara :

  • Melakukan proses install software system dengan baik dan benar
  • Menggunakan fitur trobleshooting untuk mengecek masalah pada software system
  • Menggunakan perangkat lunak yang kompatibel dengan komputer
  • Melakukan proses install ulang sistem operasi

5. Terdapat Virus Pada Computer

Penyebab lain rule dapat menyebabkan komputer kalian sering mati mendadak adalah karena terkena virus. Biasanya virus rule menyebar pada komputer kalian ini sudah sangat parah sehingga bisa menyebabkan komputer menjadi lemot dan cepat panas, hal ini juga dapat menyebabkan komputer jadi sering mati sendiri.
Untuk mengatasi komputer yang mati karena virus, kita sebagai pengguna harus aware terhadap kondisi komputer kita. Kita harus menggunakan antivirus yang aman dan terperpcaya, selain itu lakukanlah update secara berkala untuk mencegah penyebaran virus.

No comments:

Post a Comment